Kulkas Anda Bocor? 5 Penyebab Umum dan Cara Memperbaikinya Secepatnya

Kulkas cara memperbaiki biar tetap bagus

Kulkas

 Jika kulkas Anda bocor, itu pertanda ada yang salah. Kulkas yang bocor bisa jadi akibat komponen yang rusak, komponen yang tidak terpasang dengan benar, kondisi lingkungan yang buruk, dan lain-lain. Sekalipun kulkas Anda tampak berfungsi dengan baik, kebocoran kecil dapat mengakibatkan kerusakan fatal. 

1. Saluran Kondensat Tersumbat

Baik itu dari makanan, es, debu, atau hal lainnya, saluran pembuangan kondensat yang tersumbat dapat menyebabkan lemari es Anda menumpahkan air ke banyak tempat yang tidak diinginkan. Saluran pembuangan kondensat sangat penting untuk membuang kondensat dari lemari es, yang terbentuk selama proses pendinginan.


Bila lemari es tidak mampu membuang kondensasi melalui saluran pembuangan kondensat, hal itu akan menyebabkan kebocoran atau kondensat berlebih di dalam lemari es, yang dapat berujung pada penumpukan bunga es. 


Cara memperbaiki kondensat yang tersumbat

  • Cabut kabel kulkas.
  • Temukan saluran pembuangan kondensat. Lihat di belakang laci buah atau di bawah kumparan evaporator. Pada beberapa lemari es, mungkin lebih mudah diakses melalui bagian belakang lemari es, yang mungkin mengharuskan Anda melepas satu atau dua panel.
  • Keluarkan kotoran yang menyumbat tersebut dari saluran pembuangan.
  • Jika penyumbatan disebabkan oleh penumpukan es, Anda mungkin perlu membiarkan kulkas tidak tersambung ke stopkontak hingga es mencair. Anda dapat mempercepat prosesnya dengan menuangkan air hangat ke bagian atas lubang pembuangan kondensat.
  • Kosongkan wadah pembuangan.
  • Ulangi semua langkah sampai penyumbatan hilang

2. Penumpukan Embun Beku


Kulkas dirancang untuk mencairkan sendiri esnya secara berkala, membuang embun beku kecil yang terbentuk secara berkala untuk menghindari pembentukan embun beku yang lebih besar. Namun, terkadang komponen yang rusak atau cacat dapat menyebabkan kulkas melewatkan atau memperpendek siklus pencairannya, yang menyebabkan terbentuknya embun beku.

Hal ini juga dapat disebabkan oleh terlalu sering membuka lemari es atau membiarkannya terbuka dalam waktu lama. Penumpukan bunga es dapat menyebabkan lemari es tidak berfungsi dengan baik dan mengakibatkan kebocoran air di berbagai tempat.

Cara membersihkan embun beku


  • Jalankan siklus pencairan paksa (periksa manual kulkas Anda untuk langkah-langkah spesifik). 
  • Jika siklus pencairan paksa tidak menghilangkan penumpukan embun beku, keluarkan semua barang yang mudah rusak dari lemari es dan simpan di lemari es kedua atau pendingin.
  • Letakkan beberapa handuk di sekeliling dasar kulkas untuk menyerap es yang mencair.
  • Cabut kabel kulkas dan biarkan pintunya terbuka semalaman.

Karet Rusak


Karet yang buruk atau rusak di sekitar pintu lemari es tidak akan secara langsung menyebabkan air bocor, tetapi dapat menyebabkan udara hangat dan kelembapan masuk ke bagian dalam lemari es, yang menyebabkan kondensasi berlebih. Jika demikian, lemari es tidak akan dapat membuang kondensat berlebih secara efisien, yang akan menyebabkan kebocoran dan terbentuknya embun beku.

Kulkas Tidak Seimbang


Kulkas dirancang untuk beroperasi di permukaan tanah yang sangat datar. Jika terlalu jauh dari permukaan tanah, kondensasi dapat bocor ke area yang tidak diinginkan dan berakhir di lantai. Meskipun Anda mungkin berpikir lantai Anda cukup rata untuk kulkas, yang diperlukan hanyalah sedikit kemiringan untuk menyebabkan masalah serius pada kulkas.

Dispenser Air Rusak


Meskipun praktis, dispenser air kulkas dapat menyebabkan kulkas bocor. Alasan spesifiknya mungkin berbeda, tetapi penyebab yang paling mungkin adalah udara yang terperangkap atau sakelar yang rusak. 

Cara Merawat Kulkas dan Mencegah Kebocoran

  • Bersihkan Kulkas Anda
  • Periksa Panci Pembuangan Anda
  • Periksa Saluran Kondensat Anda
  • Paksa Pencairan Es di Kulkas Anda

Kesimpulan


Itulah cara memperbaiki dan cara mencegah kulkas agar tidak cepat rusak singkat dari saya, saya jarang menulis jadi bahasa saya kurang baik 
Info Tentang Perkembangan Teknologi